Rabu, 18 November 2009

Subtitusi Kampas Rem Depan Mega Pro



Umur 6 tahun, buat Honda Mega-Pro seperti milik Aries Maulana udah masuk kategori berumur.

Dipastikan beberapa komponennya sudah mulai aus dan perlu diganti. Terlebih kayak kampas rem, baik depan dan belakang yang tergolong part fastmoving. Itu tentu agar fungsi kinerjanya tetap maksimal menjaga keselamatan.

Perkara ganti sih, gampang.

Masalahnya, buat besutan berusia di atas lima tahun agak susah didapat. Seperti diakui Aries, waktu mencari kampas rem depan kuda besinya yang keluaran 2003. "Sudah ke beberapa toko onderdil, mereka gak punya. Ägak ribet juga. Orisinalnya agak-agak langka," akunya.

Sabar, banyak jalan menuju roma. Gitu juga soal spare part. Kalo susah dicari, ya pakai part pengganti, dong. "Salah satunya bisa pakai punya Honda Supra 125. Sama, tanpa mengubah apa-apadan harganya pun sekitar Rp 18-25 ribu," ungkap Ismam Mirshala, mekanik di bengkel Garasi Motor (GM) Kompleks Rafflesia Jl. Bromo No.C3, Jatimakmur, Pondok Gede, Bekasi.


Gbr 1

Gbr 1


Gbr 2

Gbr 2


Gbr 3

Gbr 3


Gbr 4

Gbr 4

Cara pasangnya, mari langsung praktekkan. Sebelumnya siapkan kunci-kuncinya; L-6 model bintang, L-5 dan obeng min beserta kampas rem yang sudah ditebus tadi (gbr.1). Sudah? Sekarang tinggal kita lepaskan kaliper Honda Mega-Pro dari sokbrekerdan cakramnya menggunakan kunci L-6 bintang (gbr.2).

Setelah kaliper terlepas, tekan piston menggunakan obeng min (gbr.3), agar nanti kampas rem yang baru bisa langsung masuk ke dalam cakram. Jika sudah, lanjutkan dengan membuka pegangan kampas remnya memanfaatkan kunci L-5 (gbr.4).

Nah, kalo sudah terbuka, sebelumnya kita bersihkan dulu kalipernya dengan kuas kecil untuk menghilangkan debu atau kotoran yang mengendap di dalamnya. Setelah beres, tinggal pasang lagi kampas rem yang baru ke dudukannya. Langkahnya, enggak beda saat Anda tadi waktu membukanya.

Jika sudah terpasang, kita kencangkan lagi semuanya yang sudah kita lepas tadi. "Untuk mendapatkan pengereman yang lebih maksimal, kita tekan handle rem tangan, dibarengi membuang minyak rem yang tersisa di dalam kaliper. Itu sekaligus untuk mengusir gelembung udara di dalam slang rem. Kalo sudah keluar, langsung dikocok berulang-ulang tuas remnya dengan tangan sampai benar-benar terasa padat pada tuas itu," tutup mekanik supel ini.


0 komentar:

Posting Komentar